Rabu, 28 Maret 2012

Aku dan Fisika


Aku Sukses karena Lebih Banyak Gagal

Pertamaku hirup nafas di MAN Tambak Beras Jombang, aku tercengang dan bingung. Belum pernah aku menemui kelas sehebat ini. Impian SMPku dulu untuk bias sekolah di SMA Negeri akhirnya terkabulkan.

            Aku bertemu dengan teman-teman yang hebat disini. Persaingan antar perorangan terjadi di lingkungan sekolahku. Aku yang berasal dari sekolah swasta menjadi minder bias masuk di kelas unggulan MAN Tambakberas Jombang. Namun, ketika aku sedang menimang Apa sebenarnya kehebatan yang aku punya sehingga aku bias keterima dikelas ini?. Salah satu teman baikku menasehatiku. Dia bilang “ Carilah sesuatu didirimu yang tidak dimiliki oleh orang lain, yang nantinya membuatmu menjadi berharga diantara orang-orang hebat disekitar kita!”. Kata-kata itu yang selalu memotivasi aku, tapi aku mencoba mencari-cari namun hasilnya buntu. Aku tak bisa menemukannya didiriku.

            Hingga ketika Ujian Semester 1 telah usai, pengumuman hasil ujian dipampang di dinding sekolah. Aku menemukan jalan menuju kesuksesanku yang sudah lama aku cari. Hasil ujian mata pelajaran Fisikaku mendapat nilai hampir 100% dikurangi 1%, yaitu : 99. Aku kaget dan tak percaya . inilah awal ceritaku bersama Fisika.

            “Fisika “ menurut semua murid SMA , inilah pelajaran paling sulit menurut mereka. Tapi, tidak bagiku Fisika adalah pelajaran yang paling aku sukai bersama Bapak Syafiuddin dan Ibu Elik Zuniaroh. Beliau membimbingku dari nol hingga aku bisa.

            Aku sering mengikuti banyak Olimpiade namun semuanya GAGAL. Aku sempat hampir putus asa, namun dari kegagalan itu yang memotivasiku untuk selalu bangkit. Ini olimpiade-olimpiade yang pernah aku ikuti, diantaranya : Finalis Olimpiade Fisika tingkat SMA se Wilker Surabaya (29 Mei 2011), Finalis Olimpiade Fisika UIN Malang seJawa Timur (26 September 2010), Finalis Olimpiade Fisika Se Jawa Bali UNESA (7 November 2010), Finalis Medspin 2010 UNAIR (21 November 2010), Finalis Kuis Fisika SMA UNAIR (28 November 2010), Semifinalis Olimpiade Fisika SMA Nasional ITS (26 Februari 2011) , finalis OSSPEN 2011 CCSMORA ITS (April 2011) , Finalis Olimpiade Fisika 2011 UM Malang (9 Oktober 2011). Dan yang terakhir adalah Juara Harapan II Olimpiade Sains dan Bahasa 2012 (11 Februari 2012). Meskipun Cuma seperti ini akhir perjuanganku bersama Fisika di masa SMAku. Namun aku sangat bangga bisa mempunyai pengalaman berharga ini. Mungkin ada seseorang yang bisa dengan gampang mendapatkan juara, namun aku percaya bahwa “Aku Lebih sukses, karen aku lebih banyak Gagal”.

Apa kunci dari kesuksesanku ? . ini ada beberapa poin antara lain:
1.       Mempunyai impian.
2.      Keyakinan.
3.      Disiplin ilmu.
4.      Tidak/ Pantang menyerah
5.      Menghormati guru.
(Semoga bisa bermanfaat!! Amien...)


0 komentar:

Posting Komentar

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g:
:h: :i: :j: :k: :l: :m: :n: :o: :p: