Rabu, 20 April 2011

Tugas Sejarah 2

Kegiatan  siswa 3.1 ( hal. 29)

  1. Nasionalisme     :  Paham yang menempatkan kesetiaan tertinggi individu diserahkan pada negara  dan bangsa, yang muncul karena adanya keinginan untuk bersatu.
  2. Liberalisme        : Paham yang menghendaki kebebasan individu dalam bidang ekonomi, agama, budaya, sosial dan pengembangan iptek serta jaminan bagi warga negara atas kebebasan politik.
  3. Hakko Ichiu       : Suatu ajaran di Jepang yang mengajarkan agar dunia di bentuk menjadi keluarga besar di pimpin oleh bangsa Jepang.
  4. Restorasi Meiji  : Usaha pembaharuan untuk memperbaiki Jepang oleh Kaisar Meiji.
  5. Swadesi               : Membeli produk-produk asli India dan tidak membeli produk Inggris
  6. Hak  Ekstrateritorial :  hak kebebasan diplomat terhadap daerah perwakilannya termasuk halaman bangunan serta perlengkapannya seperti bendera, lambang negara, surat surat dan dokumen bebas sensor.
  7. Kaum Spoy          : Tentara Inggris yang berasal dari India.
Uji Kompetensi 3.1 ( Hal 30-31)

I.
  1. B                                   6.B
  2. C                                   7.B 
  3. B                                   8.A
  4. E                                    9.A
  5. A                                   10.B
 II.
  1.  Faktor eksternal yang mendorong lahirnya Nasionalisme di Asia- Afrika: Kemenangan Jepang atas Rusia thn 1904-1905 , masuknya paham baru sprti : Demokratisme, Sosialisme,dan  Liberalisme, pengaruh ucapan Wodroow Wilson yang mengatakan bahwa setiap bangsa berhak menentukan nasibnya sendiri.
  2.  Liberalisme adalah  paham yang menghendaki kebebasan individu dalam bidang apapun. latar belakang munculnya paham ini adalah akibat kekuasaan raja yang absolut.
  3. Pandangan Adam Smith tentang Liberalisme : " Pemerintah seharusnya tidak ikut campur dalam dunia usaha karena justru akan menghambat gairah usaha dari individu."
  4. Faktor -faktor pendorong lahirnya Nasionalisme di India : Penderitaan rakyat akibat imperalisme Inggris, munculnya kaum Intelektual, Pertentangan kebudayaan antara India dan Inggris, Diskriminasi dalam pemerintahan, dan pengaruh kemenangan Jepang atas Rusia.
  5. Pembaharuan yang dilakukan oleh Mustofa Kemal Pasha :  Pembentukan UUD sesuai dengan konstitusi barat, Sekulerisasi, Huruf arab diganti oleh Huruf latin, Etatisme, dan perkawinan sipil dihapuskan dan poligami dilarang.
Kegiatan Siswa 3.2 ( Hal. 36 )
  1. Van De Venter     :  Pelopor adanya politik etis ( Politik balas Budi ) yang mengusulkan kepada pemerintah Belanda.
  2. H. Saman Hudi     :  Pelopor berdirinya Serikat Dagang Islam ( Serikat Islam)
  3. Douwes Dekker   :  Tokoh yang menentang adanya praktek tanam paksa , sekaligus pendiri Organisasi Indische Partij ( terkenal dengan Tiga Serangkai) 
  4. M. Tabrani           :   Ketua Kongres Pemuda I
  5. Snevliet                : Seorang anggota sosial democratische Arbeider Partij (SDAP) atau Partai Buruh Sosial Demokrat yang ditugaskan di Indonesia kemudian mendirikan ISDV dan dirubah namanya menjadi PKI.
  6. Sugondo Joyopuspito :  Ketua dalam Kongres Pemuda II
  7. H.O.S. Cokroaminoto : Ketua SI, sekaligus yang mempelopori untuk menganti nama SDI menjadi SI.
  8. Ki Hajar Dewantara   : Pelopor berdirinya organisasi Taman Siswa.
  9. Ahmad Dahlan      :   pelopor berdirinya Organisasi Muhammadiyah
  10. Moh. Husni Thamrin  :  Ketua GAPI
Uji Kompetensi 3.2 ( Hal 37- 38)

I
  1. E                         6.B
  2. E                         7.B
  3. D                         8.D
  4. A                         9.A
  5. C                       10.D
II
  1. Dari pelaksanaan politik etis di Indonesia , bangsa indonesia memperoleh manfaat positif , yaitu : munculnya kaum terpelajar pribumi, sebagai hasil dari kesempatan pendidikan (edukasi) yang diberikan oleh pemerintah kolonial, kaum terpelajar inilah yang menjadi motor penggerak pergerakan nasional Indonesia.
  2. Latar Belakang terjadinya perpecahan di tubuh SI ,Dikarenakan keanggotaan SI yang bersifat terbuka dan diperbolehkan rangkap anggota membawa dampak negatif bagi SI, SI mengalami perpecahan sebab disusupi oleh faham komunis.
  3. Latar Belakang berdirinya GAPI,Dikarenakan adanya perasaan kecewa tokoh-tokoh pergerakan nasional akibat petisi sutardjo yang berisi tuntutan pemberian status dominion bagi Indonesia ditolak oleh Belanda.
  4. Indische Partij dinyatakan sebagai organisasi terlarang, Karena Indische Partij menuntut adanya kemerdekaan bagi bamgsa Indonesia kepada pemerintah kolonial Belanda.
  5. Tujuan Organisasi MUhammadiyah antara lain: Menyebarluaskan ajaran islam yang sesuai dengan al-qur'an dah hadist, memajukan pendidikan berlandaskan islam, pengembangan pengetahuan yang diselaraskan dengan kehidupan moderen, dan meningkatkan kesejahteraan hidup umat islam.
ULANGAN HARIAN 2 (Hal 38 - 40)
I
  1. E                     6.C                          11. A
  2. B                     7.E                          12.C
  3. C                    8. A                         13.B
  4. E                     9. D                        14.E
  5. B                   10. B                        15. A
II.

  1. Yang paling berpengaruh besar dari politik etis terhadap lahirnya Pergerakan Nasional Di Indonesia adalah : bagian edukasi atau pendidikan, karena dari pelaksanaan politik etis berupa edukasi ini, melahirkan golongan intelektual (terpelajar) yang menjadi pelopor pergerakan nasional.
  2. Faktor Intern lahirnya Pergerakan Nasional adlah : Penderitaan rakyat akibat Imperialisme, munculnya golongan terpelajar yang menyadari adanya persamaan nasib, Faktor Ekstern lahirnya Pergerakan Nasional adalah : Kemenangan Jepang atas Rusia, pengaruh pergerakan nasional diasia, munculnya faham baru, seperti : liberalisme, nasionalisme, dan demokrasi.
  3. Usaha SI untuk membersihkan organisai dari pengaruh PKI adalah Pada kongres SI tahun 1921, H. Agus Salim dan Abdul Moeis mendesak kongres untuk melaksanakan disiplin partai, artinya setiap anggota SI tidak dibenarkan menjadi anggota partai lain. dengan demikian infiltrasi PKI kedalam tubuh SI dapat dihilangkan.
  4. CSI (Central Serikat Islam) merupakan sebuah wadah yang dibentuk oleh SI untuk menjalin komunikasi antar anggota dan menjaga persatuan antar anggotanya.
  5. Latar belakang terjadinya perpecahan di tubuh PNI adalah Akibat keputusan kongres luar biasa tanggal 25 April 1931 untuk membubarkan PNI menimbulkan pro dan kontra antar tokoh-tokoh PNI dan terjadi perpecahan antar golongan yang setuju dengan pembubaran dan golongan yang tidak setuju dengan pembubaran PNI tersebut.


ALHAMDULILLAH ................ SEMOGA BERMANFAAT
(^_^)

3 komentar:

Si charming ^,^ mengatakan...

Ini untuk anak Evenecthree,..

puegel,....rasa nya,..

Ninid Alfatih mengatakan...

bukan untuk di copas kan? sudah bagus, tinggal nambah komen di poster tokohnya saja...semangat...!

Si charming ^,^ mengatakan...

heheheh,..iyya,..bu...Maf,.keceplosan dech,..:)

ini lho belum rampung semua bu,..msih bnyak kekurngannya,.
kmren sekedar untuk,..biar memenuhi tugas,..

untuk coment poster,...sy gak tau bu,..tak kra cma gmbar ny,..iya...sy segera lengkapi..
Siap.....laksanakan,.!semangat!

Posting Komentar

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g:
:h: :i: :j: :k: :l: :m: :n: :o: :p: