Selasa, 19 April 2011

Tokoh-tokoh Sejarah

 
Gambar 1.1. Darsono

Darsono merupakan salah satu dari tokoh PKI, ia bersama semaoun gencar ia mendirikan organisasi PKI menjadi lebih maju dan di terima oleh masyarakat. Pada bulan Mei 1921 Ir Adolf Baars dibuang bersama Darsono keluar negeri. Selama menjadi anggota PKI , Darsono pernah dicalonkan sebagai anggota Tweede Kamer (Majelis Rendah) tahun 1929 oleh Partai Komunis Belanda. Darsono didaftar urutan 3 dan Tan Malaka didaftar urutan 2Selama menjadi anggota PKI , Karenanya Darsono juga cukup populer di Belanda. Apalagi Darsono juga cukup teoritis dalam pergerakan. Walau begitu Semaun dan Darsono kemudian keluar dari PKI kendati mereka masih memihak kaum yang tertindas.




Gambar 1.2 .Semaoen

Semaun adalah Ketua Umum Pertama Partai Komunis Indonesia (PKI). merencanakan demonstrasi besar-besaran dan langsung dihentikan oleh pemerintah kolonial Belanda, dan setelah itu Semaun diasingkan ke Belanda.Selama pembuangan ke Eropa, Semaoen aktif di Executive Committee of the Comintern, Komite Eksekutif Komunis Internasional (ECCI). Setelah beberapa tahun tinggal di Belanda, Semaoen lalu menetap di Uni Soviet dan menjadi warga negara di sana. Pemikiran Semaoen dipengaruhi oleh beberapa faktor, yakni oleh Sneevliet dan agama Islam walau sempat dalam karyanya ia memprotes pemikiran pribumi yang terlalu percaya akan kegaiban yang akan mengatur dan menyelamatkan mereka . Guna menguatkan perjuanganya, ia bersama dengan kaum komunis internasional masuk dalam Komiitern yang diadakan di Rusia.


Gambar 1.3 . H.J.F.M . Sneevliet 

Seorang anggota sosial democratische Arbeider Partij (SDAP) atau Partai Buruh Sosial Demokrat yang ditugaskan di Indonesia kemudian mendirikan ISDV dan dirubah namanya menjadi PKI.




Tokoh Gerakan Pemuda 


Gambar 2.1 . Moh.Yamin

Prof. Muhammad Yamin, SH adalah seorang pahlawan nasional Indonesia . Karier politiknya dimulai dan beliau giat dalam gerakan-gerakan nasionalis. Pada tahun 1928, Kongres Pemuda II menetapkan bahasa Indonesia, yang berasal dari bahasa Melayu, sebagai bahasa gerakan nasionalis Indonesia. Melalui pertubuhan Indonesia Muda, Yamin mendesak supaya bahasa Indonesia dijadikan asas untuk sebuah bahasa kebangsaan. Oleh itu, bahasa Indonesia menjadi bahasa resmi serta alat utama dalam kesusasteraan inovatif. sebelum ini pula ia aktif dalam organisasi jong sumatra bond.



Gambar 2.2 . Jong Java

 Ini merupakan Foto para pendiri Jong Java di arsip Museum Sumpah Pemuda . Jong Java adalah suatu organisasi kepemudaan yang didirikan oleh Satiman Wiriosandjojo . saat berdiri,  ketuanya adalah Dr. Satiman Wirjosandjojo, dengan wakil ketua Wongsonegoro, sekretaris Sutomo dan anggotanya Muslich, Mosodo dan Abdul Rahman.








 



1 komentar:

Guru BK-Ku mengatakan...

bingung mau komen apa aku kasih g+ juga ga ada -_- pokoknya thanks :D

Posting Komentar

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g:
:h: :i: :j: :k: :l: :m: :n: :o: :p: